Rupiah Jumat Sore Ditutup Melemah Tipis ke Posisi Rp14.383

JAKARTA — Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore ditutup melemah tipis, seiring pasar yang saat ini sedang menunggu data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) yang dirilis nanti malam.

Rupiah sore ini ditutup melemah 3 poin atau 0,02 persen ke posisi Rp14.383 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan hari sebelumnya yaitu Rp14.377 per dolar AS.

“Rupiah bergerak sideways pada perdagangan hari ini dipengaruhi aksi pelaku pasar yang masih wait and see terhadap rilis data tenaga kerja AS yaitu Non-Farm Payroll (NFP) dan tingkat pengangguran,” kata Analis Pasar Uang Bank Mandiri Reny Eka Putri di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya data tenaga kerja AS versi Automatic Data Purchasing Inc. (ADP) telah melaporkan penurunan jumlah tenaga kerja di sektor swasta menjadi 301 ribu pekerjaan pada bulan lalu.

Sementara itu data untuk periode Desember 2021 juga direvisi turun menjadi 776 ribu pekerjaan setelah laporan sebelumnya menunjukkan sebesar 807 ribu pekerjaan.

Lihat juga...