Singapura Perluas Perjalanan Bebas Karantina Mulai Februari

SINGAPURA – Singapura akan memperluas perjalanan bebas karantina ke Hong Kong, Qatar, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab pada Februari ini, demikian Kementerian Kesehatan Singapura pada Rabu.

Kebijakan itu menjadi bagian dari pembukaan kembali perbatasan setelah ditutup akibat wabah COVID-19.

Negara kota itu juga akan memulihkan sekaligus menambah kuota pada program koridor perjalanan bagi penerima vaksin (vaccinated travel lane/VTL), yang pada Desember jumlahnya dikurangi untuk mengatasi varian Omicron.

Singapura akan merampingkan aturan pembatasan bagi seluruh pelancong dan menghapus persyaratan izin masuk bagi pemukim yang memegang izin jangka panjang, kata kemenkes, sehingga memudahkan ekspatriat melakukan perjalanan.

Tetapi, sejumlah pekerja asing dengan izin berbeda –biasanya bekerja di sektor konstruksi dan manufaktur– masih akan memerlukan izin masuk.

Singapura pada nantinya berencana untuk menghapus VTL bagi pengunjung asal negara tertentu agar seluruh pelancong yang sudah divaksin dapat masuk tanpa karantina, kata otoritas.

Sekitar 24 negara masuk dalam program VTL Singapura, seperti Australia, India, Malaysia, Inggris dan Amerika Serikat. Jalur baru dengan Hong Kong bersifat sepihak.

Lihat juga...