TNI Bangun Pompa Hidran Atasi Kekeringan di Tabanan

TABANAN – Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, mengapresiasi pompa hidran di Banjar Batan Buah, Desa Tangguntiti, Selemadeg Timur, Tabanan, yang dibangun dengan semangat gotong-royong melalui kolaborasi TNI dan masyarakat desa setempat, guna mengatasi kekeringan.

“Pompa hidran itu diharapkan mampu memberikan manfaat guna membantu kebutuhan air untuk pertanian di Desa Tangguntiti,” kata Sanjaya, saat meresmikan pompa hidran pertanian dari Kodam IX/Udayana di desa setempat, Selasa (15/2/2022).

Menurut dia, Tabanan sebagai pemegang predikat “lumbung beras” Provinsi Bali melalui kesuburan tanahnya, jika didukung dengan iklim dan tata kelola air yang baik oleh subak, maka para petani di Tabanan dapat bercocok tanam sepanjang musim.

Namun demikian, katanya, masih terdapat kendala dalam pemenuhan kebutuhan air, seperti yang terjadi di Subak Aseman, Desa Tangguntiti, yang mana pada saat kemarau, maka air menjadi sulit.

Karena itu, dia mengapresiasi pemasangan hidran di Desa Nangguntiti, karena ke depan akan mampu mengangkat air untuk mengatasi kendala kekeringan di musim kemarau, sehingga indeks pertanaman di wilayah Subak Aseman dapat ditingkatkan, dan akhirnya produksi secara keseluruhan pun dapat ditingkatkan.

Ia menyampaikan tiga hal yang mampu memaksimalkan potensi pertanian di Kabupaten Tabanan, yaitu produksi, distribusi dan pemasaran.

Lihat juga...