Top Speed di Atas Target, Sirkuit Mandalika Penuhi Kualifikasi Dunia

JAKARTA — Rata-rata top speed pebalap dalam test pramusim MotoGP Mandalika 2022 di atas 300 kilometer per jam sehingga Sirkuit Internasional Mandalika memenuhi kualifikasi olahraga balap dunia, kata Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer, dalam keterangan persnya, Kamis.

Dalam official test yang diikuti 24 pebalap pada 11-13 Februari 2022 itu, pabrikan Ducati berhasil merajai catatan tertinggi.

Adapub Johann Zarco dari tim Pramac Racing memimpin catatan top speed dengan melaju sampai 314,8 km/jam di trek lurus Sirkuit Mandalika pada hari ketiga tes di trek sepanjang 4,31 km.

Mansoer menjelaskan pihaknya melakukan evaluasi internal terhadap apa yang sudah berjalan dalam pre-season test dan pihaknya mendapatkan catatan bahwa tes di hari pertama pada 11 Februari 2022 pada pagi harinya, top speed pembalap mencapai 285 km/jam. Kemudian tes ditunda karena ada pembersihan sirkuit.

“Setelah dilakukan pembersihan, pada siang harinya tes dilanjutkan. Pada akhir hari pertama, hari Jumat, top speed yang dicapai oleh Johann zarco sudah mencapai 314,8 km/ jam yang artinya bahwa pebalap sudah melakukan adjustment, kami juga melakukan pembersihan di hari pertama sehingga pebalap bisa mencapai top speed yang memang diharapkan sekitar 310 km/jam ke atas atau 1 menit 33 detik per lap,” kata Mansoer.

Lihat juga...