Varian Omicron Sudah Menyebar di Sulteng Lewat Transmisi Lokal

PALU – Juru Bicara (Jubir) Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Adiman, menyatakan penularan COVID-19 varian Omicron di Sulteng sudah melalui transmisi lokal atau antar warga di provinsi itu.

“Jelas sudah transmisi lokal sebab dari 49 sampel usap (swab) dari sejumlah daerah di Sulteng yang diperiksa, semuanya dinyatakan positif terpapar COVID-19 varian Omicron,” katanya di Kota Palu, Sabtu (19/2/2022).

Ia menyebut, dari 49 sampel tersebut, 30 di antaranya diperiksa di Laboratorium Kesehatan (Labkes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulteng yang berada di Palu. Sementara 19 sampel lainnya diperiksa di Labkes Kementerian Kesehatan di Jakarta.

Adiman mengatakan, 49 orang yang positif terpapar COVID-19 itu berada di sejumlah daerah di antara di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Tolitoli.

Saat ini, warga yang terpapar COVID-19 varian Omicron itu menjalani karantina di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat.

“Sebagian besar yang terpapar COVID-19 varian Omicron di Sulteng adalah kalangan anak-anak dan orang tua yang lanjut usia (Lansia) yang memiliki penyakit komorbid atau penyakit penyerta,” ujarnya.

Sebab itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak lengah dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat yakni masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas di luar rumah dan mengurangi kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan orang banyak dalam satu kesempatan dan satu ruangan.

Selain itu, ia mengajak masyarakat yang belum divaksinasi agar segera mengikuti vaksinasi COVID-19 untuk menciptakan kekebalan tubuh dan kekebalan kelompok sehingga COVID-19 utamanya varian Omicron tidak mudah menginfeksi mereka.

Lihat juga...