Warung Kita DCML Kedungkandang Perluas Layanan Paket Sembako ke Instansi

Editor: Koko Triarko

MALANG – Memasuki tahun 2022 ini, Unit usaha Warung Kita KUD Suluh Sejahtera Mandiri di Desa Kedungkandang, Malang, Jawa Timur, mengaku tengah fokus meningkatkan omset penjualan usaha dengan menyasar pelayanan paket sembako ke sejumlah instansi atau perusahaan. 

Hal tersebut dilakukan, mengingat selama ini penjualan Warung Kita KUD Suluh Sejahtera Mandiri masih minim akibat lebih didominasi oleh pengecer kecil, seperti pedagang warung kelontong, penjual makanan pinggir jalan, maupun orang biasa yang berbelanja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

“Kalau masih mengandalkan penjualan seperti itu, omzet Warung tidak akan meningkat. Karena kita kalah bersaing dengan toko grosir lain yang lebih besar dan banyak terdapat di sekitar sini. Karena itu kita saat ini menyasar penjualan sembako dengan jumlah yang lebih besar, lewat sistem paket,” ujar Manager Usaha KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Siti Mutamimatul Ula, S.Pd.

Ula mengatakan, pihaknya saat ini telah memiliki sejumlah pelanggan tetap, berupa instansi/perusahaan yang rutin memesan sembako di Warung Kita KUD Suluh Sejahtera Mandiri dengan sistem paket. Mereka biasanya memesan puluhan paket sembako untuk keperluan instansi masing-masing misalnya untuk dibagikan kepada pegawai atau karyawan.

“Biasanya sekali pesan bisa sampai puluhan paket. Satu paketnya seharga Rp100 ribu. Jadi, ya lumayan. Bisa meningkatkan omzet penjualan Warung Kita, hingga mencapai Rp5 juta per bulan. Sangat jauh jika dibandingkan omzet yang hanya mengandalkan penjualan dari pengecer kecil sehari-hari,” katanya.

Unit Usaha Warung Kita KUD Suluh Sejahtera Mandiri sendiri terpaksa harus mulai merintis usaha dari nol kembali setelah lokasi warung berpindah dari tempat sebelumnya.

Lihat juga...