70 Delegasi Negara G20 Akan Ikuti HWG I di Yogyakarta

Cendana News, JAKARTA – Sebanyak 70 delegasi luar negeri dan 50 peserta lokal akan mengikuti Health Working Group Pertama (HWG I) pada Senin-Rabu 28-30 Maret 2022 di Yogyakarta.

HWG 1 akan digelar secara hybrid dengan partisipan dari 43 negara dan organisasi internasional. Melalui sherpa track, Kementerian Kesehatan mengangkat tema Menata Ulang Arsitektur Kesehatan Global.

Tiga isu prioritas bidang kesehatan adalah, pertama membangun ketahanan sistem kesehatan global.

Kedua, harmonisasi standar protokol kesehatan global dan ketiga memperluas manufaktur global dan pusat pengetahuan untuk pencegahan pandemi, kesiapsiagaan, dan respons.

Selain isu prioritas, juga akan berlangsung side event Tuberkulosis (TB) untuk menggalang komitmen dan meningkatkan investasi berkelanjutan dalam penanggulangan TB.

Dalam pelaksanaan presidensi G20 di Indonesia, sepanjang tahun ini akan ada sekitar 150 pertemuan dan 200 side event di 20 lokasi berbeda.

Pertemuan di Yogyakarta sendiri saat ini teridentifikasi sebanyak 25 pertemuan yang akan mulai Maret hingga Oktober 2022.

Sementara itu dari 43 negara dan organisasi internasional, sampai saat ini yang sudah menyatakan hadir luring adalah 13 delegasi negara anggota G20 dan organisasi internasional.

Jumlah peserta sekitar 70 orang delegasi luar negeri, dan 50 orang peserta lokal. Pengawasan dan pelaksanaan protokol Kesehatan akan ketat selama pelaksanaan HWG tersebut.

Lihat juga...