Bangkitkan Kembali Perekonomian, Pariwisata Riau Terus Berbenah

Cendana News, PEKANBARU – Pariwisata Riau terus berbenah dan bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19. Satu di antara strategi yang dilakukan adalah menggenjot sumber daya manusia (sdm) pariwisata melalui kegiatan pembinaan.

Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Riau tak pernah surut memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di “Bumi Melayu Lancang Kuning” itu.

Hal itu sejalan dengan komitmen Gubernur Riau Syamsuar untuk mewujudkan budaya melayu sebagai payung negeri dan mengembangkan pariwisata yang berdaya saing.

Dispar Riau baru-baru ini telah melakukan pembinaan kepada pelaku parekraf. Digelar pada Kamis (24/3) di Pantai Tanjung Lapin, Kecamatan Rupat utara, Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan pembinaan memilih tema “Menuju Rupat Sebagai Beranda Pariwisata Indonesia”. Fokus membahas souvenir khas Riau dan kreativitas/usaha ekonomi masyarakat di sekitar objek wisata. Meliputi promosi digital dalam pembuatan paket wisata dan menentukan produk yang layak jual.

Sasaran peserta pembinaan ini adalah pelaku usaha di bidang kuliner, kriya, fasyen, seni pertunjukan, film, dan pengelola homestay yang ada dalam unsur pengelola desa wisata.

Dipilihnya Pulau Rupat untuk lokasi kegiatan, lantaran pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia itu, telah ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan kawasan strategis pariwisata provinsi (KSPP).

Lihat juga...