BPBD : Longsor di Wonosobo Dipicu Hujan dan Struktur Tanah Labil

Cendana News, JAKARTA – Tanah longsor terjadi di wilayah Desa Karangsambung, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu (26/3).

Dalam laman BNPB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo menginformasikan kejadian ini dipicu oleh kondisi hujan dan struktur tanah labil.

Pihaknya telah memantau bahwa longsor sebelumnya pernah terjadi pada 14 Maret 2022 lalu. Kejadian saat itu material tanah menutup saluran irigasi serta membentuk cekungan sehingga air genangan terbentuk.

Ketinggian genangan diperkirakan antara 3 hingga 9 meter, yang letaknya berada pada lereng atas Desa Karangsambung. Kondisi tersebut akhirnya mengakibatkan longsoran pada Sabtu sore lalu, sekitar pukul 14.30 WIB.

Satu warga meninggal dunia akibat material longsor pada hari itu. Proses evakuasi korban meninggal tersebut berhasil dilakukan oleh Basarnas dan unsur terkait lain.

Petugas BPBD yang dibantu petugas Dinas Pekerjaan Umum, PDAM, Perhutani dan warga setempat melakukan pemasangan konstruksi alkon dan pipa untuk membuang air tersisa pada cekungan. Melalui upaya tersebut, air digenangan dapat dibuang hingga ke bawah.

Lihat juga...