Ini Ketakutan dan Kekhawatiran Soeharto saat Pimpin Serangan Umum 1 Maret

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Cendana News, YOGYAKARTA — Pembicaraan mengenai peristiwa bersejarah Serangan Umum 1 Maret kembali menghangat beberapa hari terakhir ini. Hal itu tak lepas karena adanya kontroversi mengenai penyebutan sejumlah tokoh dalam Kepres No 2 tahun 2022 mengenai penetapan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

Sejumlah tokoh dan publik figur di tanah air, nampak beramai-ramai mempertanyakan tidak disebutkannya nama Letkol Soeharto, selaku Komandan Brigade 10/Wehrkreise III yang merupakan pimpinan wilayah sekaligus koordinator pelaksana Serangan Umum 1 Maret dalam Kepres No 2 tahun 2022 tersebut.

Terlepas dari semua itu, ternyata ada satu fakta menarik mengenai penyerbuan yang juga dikenal sebagai Serangan 5 Jam itu. Dalam sebuah video YouTube yang diunggah chanel HM Soeharto, nampak Pak Harto secara langsung menceritakan sejumlah kekhawatirannya sebelum melakukan Serangan Umum 1 Maret tersebut.

Dalam video itu, Pak Harto terlihat sangat khawatir dengan konsekuensi atau dampak yang akan bisa diterima rakyat Yogyakarta pasca Serangan Umum 1 Maret. Pasalnya sebagai Komandan Brigade 10/Wehrkreise III, Pak Harto sangat yakin, pihak Belanda pasti akan melakukan serangan balasan dengan menyerang balik rakyat. Baik itu dengan menembaki atau membakar rumah-rumah dan pemukiman warga.

Lihat juga...