Jalur Kereta Cibatu-Garut Beroperasi, RK: Percepat Pergerakan Manusia dan Barang

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Cendana News, BOGOR – Jalur kereta api komersil sepanjang 19,5 kilometer jalur Cibatu-Garut resmi beroperasi. Peresmiannya dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis (24/3/2022).

Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat berhalangan hadir pada acara peresmian tersebut karena waktunya berbarengan dengan agenda lain di Kabupaten Bogor dan DKI Jakarta. Tapi ia memberikan ucapan selamat kepada warga Kabupaten Garut setelah kereta api komersial jalur Cibatu-Garut resmi beroperasi.

“Selamat kepada warga Garut, mulai hari ini jalur kereta api Garut-Cibatu hingga Bandung dan Jakarta sudah berfungsi lagi setelah puluhan tahun berhenti,” katanya di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Kabupaten Bogor.

Dengan beroperasinya jalur Cibatu-Garut, Gubernur meyakini pergerakan manusia dan barang akan lebih cepat. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya perekonomian warga juga sebagai infrastruktur pendukung pariwisata di Kota Dodol.

“Ini menandakan pergerakan manusia dan barang bisa lebih cepat dan bebas dari kemacetan,” ujarnya.

Jalur kereta api Cibatu-Garut sempat berhenti operasionalnya pada 1982. Jalur legendaris yang pertama kali dibangun pada zaman kolonial Belanda sempat dirasakan oleh komedian asal Inggris Charlie Chapline.

Lihat juga...