Jelang MotoGP Mandalika, BNPB Lakukan Percepatan Vaksinasi dan Pengetatan Prokes

Cendana News, JAKARTA – Memastikan tidak terjadi lonjakan kasus selama hingga paska gelaran MotoGP Mandalika 2022, Pemerintah terus melakukan percepatan vaksinasi dan pengetatan protokol kesehatan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan bahwa ketahanan kelompok masyarakat dari COVID-19 jelang perhelatan MotoGP Mandalika 2022 sudah semakin baik.

Percepatan vaksinasi dan pembagian masker gratis yang diinisiasi oleh BNPB bersama komponen Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dilakukan sejak Jumat (12/3) akan diteruskan hingga Jumat (18/3). Adapun pelaksanaannya menyasar kepada warga sekitar, siswa sekolah, pelaku usaha, pelaku wisata dan pelaku adat dan budaya, khususnya yang ada di Lombok Tengah.

Vaksinasi yang diberikan kepada masyarakat itu diharapkan dapat mengurangi risiko pemburukan jika terpapar COVID-19. Selain itu, pembagian masker secara gratis bertujuan untuk mengurangi ancaman terpapar virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

“Dengan percepatan vaksinasi saat sebelum dan sesudahnya (ajang MotoGP), karena ini masih dalam masa pandemi, maka diharapkan tidak terjadi lonjakan kasus. Diharapkan pada pelaksanaan MotoGP nanti protokol kesehatan dari masyarakat sebagai tuan rumah, penonton, atlet ini dapat terjaga dengan baik,” kata Suharyanto usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di RS Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Selasa (15/3).

Suharyanto menyatakan apresiasinya terhadap keseriusan pemerintah daerah serta dukungan kolaborasi lintas sektor yang mampu membuat Nusa Tenggara Barat menjadi satu-satunya provinsi dengan PPKM level 1.

Hal ini menjadi bukti bahwa Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok Tengah siap menyambut perhelatan MotoGP Mandalika 2022 dan membangun kepercayaan secara internasional terhadap Indonesia.

Lihat juga...