Pasar Plantar II Dibangun Sejak Awal Orde Baru, Baru Sekali Renovasi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

TANJUNGPINANG — Setelah bangunan lantai bagian dalam Pasar Plantar II Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau ambrol pada Februari 2022 lalu. Hari ini, giliran lokasi parkir Pasar KUD atau Pasar Baru yang ambruk Sabtu 5 Maret 2022.

Ambrolnya pelataran beton pasar KUD Plantar II Tanjungpinang tersebut di hari ini terjadi dua kali. Terakhir sekira pukul 12.00 WIB setelah ambrol pertama pukul 09.30 WIB.

Wali Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Rahma langsung memerintahkan pihak pengelola pasar untuk mengosongkan dengan merelokasi pedagang sebagai antisipasi kemungkinan terburuk.

Pasar KUD Plantar II Tanjungpinang dikenal dengan beberapa nama sebutan, seperti pasar Plantar KUD, Pasar Baru 2 atau Pasar Ikan. Hal itu karena pasar tersebut salah satu pasar tertua di Kota Tanjungpinang.

Berdiri sejak awal Orde Baru, yakni 1969, sejak berdiri pasar tersebut baru sekali dilakukan revitalisasi yakni pada tahun 1992.

Sampai sekarang pasar ikan itu belum dilakukan perawatan dan peremajaan kembali setelah revitalisasi 30 tahun silam.

“Pemerintah Kota Tanjungpinang sebenarnya telah beberapa kali mengdesak pemerintah pusat, agar pasar Baru II di lakukan revitalisasi. Tapi baru Pasar Baru I yang akan di revitalisasi pada tahun ini,” ujar Wali Kota Rahma.

Rahma mengakui bahwa jika mengandalkan APBD Kota Tanjungpinang dalam melakukan revitalisasi pasar tersebut maka tidak akan mampu untuk membangun. Sehingga berharap mendapatkan anggaran pusat.

“Saya akan segera bertemu dengan Kementerian Perdagangan untuk membicarakan kondisi terkini dan kabar ambruknya yang baru saja terjadi,” ujarnya mengaku pengusulan sebenarnya sudah sejak tahun 2019.

Lihat juga...