Pengamat : Kenaikan Harga Minyak Dunia Pengaruhi Harga BBM di Indonesia

Cendana News, JAKARTA – Kenaikan harga minyak dunia sudah pasti akan mempengaruhi harga BBM Indonesia. Pilihan tak populer, yaitu menaikan harga BBM akan meninggalkan konsekuensi besar pada pemerintah. Mengingat program Pemulihan Ekonomi Nasional bisa saja terhambat dengan kenaikan harga BBM ini.

Pengamat Migas Center of Energy and Resources Indonesia (CERI), Yusri Usman menyatakan, kenaikan harga BBM sudah hampir pasti tak dapat dihindari, mengingat harga minyak mentah dunia sudah diatas 115 Dollar Amerika per barel.

“Tentu untuk menjaga cash flow Pertamina, maka seharusnya Pertamax 92 dinaikan,” kata Yusri saat dihubungi, Selasa (29/3/2022).

Disebutkan juga, ada kondisi dilematis jika Pertamax 92 saja naik tetapi Pertalite tidak naik, maka  konsumen Pertamax bisa migrasi besar-besaranan ke Pertalite.

“Implikasinya bisa terjadi kelangkaan Pertalite jika harga Pertamax jadi dinaikan di atas Rp3 ribu per liter untuk mencapai harga komersialnya,” terangnya.

Ia mengemukakan, agar tak ada peralihan pembelian  dari Pertamax ke Pertalite, sebaiknya Pertalite pun harus ditetapkan mengalami kenaikan harga.

Lihat juga...