Pessel Sumbar Sukses Turunkan Jumlah Penganggur Selama 2021 ​​​​​​​

Cendana News, PAINAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat sepanjang 2021 berhasil menekan jumlah penganggur terbuka di tengah kegalauan ekonomi dan dunia usaha akibat pandemi COVID-19.

Bupati Rusma Yul Anwar di Painan, Kamis, menyampaikan upaya menekan tingkat penganggur merupakan bagian dari mewujudkan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat usia produktif, sehingga bonus demografi termanfaatkan dengan baik dan tidak jadi beban atau bahkan sumber masalah.

“Lonjakan penganggur karena banyaknya dunia usaha yang tutup itu mesti disiapkan. Harus ada alternatifnya,” ungkap bupati.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat penganggur terbuka di Pesisir Selatan pada 2021 turun 1,03 persen menjadi 5,97 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 7.00 persen.

Capaian itu terkonfirmasi lebih rendah dari target yang telah ditetapkan pemerintah kabupaten dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, yakni 6,30 persen.

Penurunan tersebut ternyata tidak hanya terjadi di tengah tekanan COVID-19, tapi juga ketika adanya kenaikan populasi angkatan kerja menjadi 226 ribu atau bertambah 7,76 ribu orang dari periode 2020.

Meski demikian lanjut bupati pertambahan jumlah angkatan kerja pun berbarengan dengan tingginya kenaikan partisipasi dari angkatan kerja yang diperkirakan mencapai 1,59 persen dari total angkatan kerja.

“Nah, menganggur akibat COVID-19 sekitar 2.000 orang, namun saat itu penambahan penduduk yang bekerja lebih dari 3.000 orang,” katanya.

Lihat juga...