Potensi Bencana Alam Tinggi, Bantul Siapkan Para Pemuda Tangguh Bencana

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Cendana News, YOGYAKARTA — Indonesia selama ini dikenal sebagai negara dengan potensi bencana yang sangat tinggi. Sampai tahun 2022 ini, sejumlah bencana masih terus terjadi di berbagai daerah, mulai dari banjir, gempa bumi, cuaca ekstrem hingga tanah longsor.

Sebagai upaya meminimalisir dampak bencana tersebut, baik itu korban jiwa maupun kerugian materi, sejumlah daerah pun berlomba-lomba untuk menuju daerah tanggung bencana. Seperti dilakukan kabupaten Bantul.

Pada hari ini Selasa (08/03/2022) pemerintah daerah Kabupaten Bantul pun mengadakan Pelatihan Tanggap Bencana bagi Pemuda Kabupaten Bantul Tahun 2022 bertempat di Sanggar Seni Budaya Tamansari Madya, Sompok Sriharjo Imogiri Bantul.

Selain bertujuan meningkatkan pengetahuan dalam mengidentifikasi, memahami dan mengantisipasi potensi resiko bencana, kegiatan ini juga digelar guna meningkatkan keterampilan penyelamatan diri dalam menghadapi bencana.

“Bantul merupakan daerah yang memiliki banyak potensi bencna, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, bahkan sunami. Namun banyak masyarakat yang belum mengetahui langkah – langkah pengelolaan resiko bencana,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Isdarmoko, M.Pd, M.Par.

Lihat juga...