Renovasi Tahap II di Desa Binaan Cilampunghilir Sasar Enam Masjid dan Mushola

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Cendana News, TASIKMALAYA — Tahun 2022 ini, Yayasan Damandiri yang merupakan yayasan bentukan Presiden kedua RI HM Soeharto, kembali melaksanakan program pemberdayaan masyarakat lewat kegiatan renovasi masjid dan mushola di desa binaan Cilampunghilir, Padakembang, Tasikmalaya Jawa Barat.

Program pemberdayaan Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) berupa renovasi masjid dan mushola ini dilakukan sebagai kelanjutan program serupa di 2021 lalu. Yakni dengan tujuan meningkatkan ketaqwaan sekaligus kenyamanan warga masyarakat dalam beribadah kepada Tuhan YME, khususnya yang beragama Islam.

Koperasi Amanah Galunggung Mandiri selaku pelaksana program DCML di desa Cilampunghilir, menyebut pada tahun 2021 lalu, Yayasan Damandiri telah merenovasi sebanyak 10 masjid dan mushola. Sementara pada 2022 ini renovasi akan dilakukan pada sebanyak 6 masjid dan mushola.

“Pada renovasi masjid dan mushola tahap I tahun 2021 lalu, Yayasan Damandiri mengucurkan dana bantuan senilai Rp22 juta untuk program ini. Sementara pada tahap II atau tahun 2022 ini, dana bantuan yang dikucurkan mencapai Rp23 juta,” ungkap Manager Umum KUD Amanah Galunggung Mandiri Yana Khairul Taufik Ismail.

Yana menyebut, seperti halnya di tahun sebelumnya, program renovasi masjid dan mushola tahap II ini akan difokuskan untuk merenovasi sejumlah fasilitas berupa toilet maupun tempat wudhu. Setiap masjid atau musholla penerima manfaat akan mendapatkan bantuan rata-rata sebesar Rp2-6 juta tergantung tingkat kerusakan serta kebutuhan biaya renovasi.

Lihat juga...