Sejumlah KB dan TK di DIY Kembali Gelar Pembelajaran Daring, Ini Kendalanya

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Nuri mengatakan selama masa libur ini, siswa dikatakan akan kembali mengikuti proses pembelajaran secara daring. Meskipun hal ini dinilai jelas tidak akan berjalan maksimal, mengingat para siswa usia KB maupun PAUD akan sangat sulit untuk menjalankannya.

“Anak-anak usia KB dan PAUD ini kan sangat berbeda dengan anak SD atau SMP. Pembelajaran bagi mereka lebih ke proses pembiasaan. Jadi jika tidak ada kegiatan di sekolah maka akan sulit dilakukan. Sebab umumnya mereka ini akan lebih menurut dengan para guru dibandingkan dengan orang tua. Sehingga jika diberikan tugas secara online tidak akan maksimal,” ungkapnya.

Selain anak menjadi kurang antusias, proses pembelajaran secara online juga dinilai akan menghambat proses pembiasaan yang selama ini telah mulai dilakukan di sekolah. Baik itu pembiasaan untuk belajar disiplin, tertib, saling menghargai dan menghormati ataupun yang pembiasaan-pembiasaan lainnya.

“Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat materi pembelajaran melalui video-video yang menarik bagi siswa. Sehingga diharapkan anak bisa tetap menjalankan pembiasaan-pembiasaan di rumah masing-masing. Namun ini juga sangat tergantung pada kemauan dan kemampuan orang tua siswa dalam mendampingi setiap siswa,” katanya.

Lihat juga...