Termasuk Soeharto, Wakil DPD RI Usulkan Pemberian Gelar Pahlawan pada Semua Mantan Presiden RI

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Cendana News, JAKARTA — Bertepatan dengan peringatan hari Supesemar Jumat (11/03/2022) hari ini Wakil ketua DPD RI Sultan B Najamudin mengusulkan pemerintah untuk menyematkan gelar Pahlawan Nasional kepada semua mantan Presiden RI yang telah meninggal dunia. Tak terkecuali pada Presiden kedua RI, HM Soeharto.

Usulan ini disampaikan Sultan dengan alasan bahwa semua mantan Presiden dengan segala legacy kebaikan dan kekurangannya merupakan sosok yang telah mendedikasikan hidupnya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Para pemimpin bangsa di setiap generasi tentu memiliki reputasi dan legacy yang berbeda, tergantung suasana ekonomi dan politik nasional serta tantangan geopolitik. Tapi mereka memiliki kesamaan visi yang Iuhur, yakni menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta mewujudkan cita-cita Nasional, keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, ungkap Sultan sebagaimana dikutip dari akun resmi Instagram DPD RI, Jum’at (11/03/2022).

Menurutnya, Pahlawan Nasional bukan merupakan sosok yang tanpa cela sosial dan politik. Mereka juga manusia biasa, demikian pula dengan para presiden sebelumnya. Mereka memiliki sisi lain yang harus dimaknai sebagai sebuah pelajaran berharga dalam membangun bangsa.

Lihat juga...