Wapres Ingatkan Pentingnya Menjaga Kepercayaan dalam Asuransi Syariah

Cendana News, JAKARTA – Wakil Presiden RI, Prof. DR (HC) KH. Ma’ruf Amin mengingatkan pentingnya menjaga kepercayaan atau trust dalam dunia bisnis dan finansial. Karena kepercayaan ini menjadi kunci penentu dalam perkembangan industri asuransi syariah ke depan.

“Kepercayaan tersebut, berawal dari keterbukaan informasi dan kemudahan akses yang akan mempermudah literasi asuransi kepada masyarakat,” sebut Wapres saat membuka
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) secara virtual, Rabu 9/3/2022).

Dikatakan, melalui digitalisasi, transparansi, dan keterbukaan informasi tersebut akan mempermudah masyarakat dalam mengenal produk dan manfaatnya.

”Disinilah letak peranan penting sumber daya manusia yang profesional untuk memastikan bahwa kepercayaan menjadi pondasi dalam setiap proses bisnis perusahaan, terutama bagi agen-agen yang berkompeten serta jujur dalam memberikan informasi terkait asuransi syariah secara benar,” sebutnya.

Ditambahkan, hal yang juga perlu diperhatikan yakni pengelolaan dan investasi yang dapat dipertanggungjawabkan agar trust terus terjaga. Tidak hanya mengejar profit, tapi juga akuntabel dalam situasi apapun, termasuk dalam situasi pandemi.

Patut disyukuri, ujar Wapres, meski di tengah pandemi industri asuransi syariah masih mampu untuk tetap tumbuh, terutama ditopang oleh kinerja asuransi jiwa syariah.

Industri ini secara umum, lanjut Wapres, tetap berpeluang besar untuk berkembang di dalam negeri. Karena pada hakikatnya dapat mendorong prinsip tolong menolong atau ta’awwun yang sudah lekat dalam budaya masyarakat Indonesia, sekaligus menjadi aspek penting dalam maqashid syariah.

Lihat juga...