Wayang Kulit Bahasa Jepang Hadir di IFD 2002 Osaka

Cendana News, JAKARTA — Pementasan budaya tak hanya menarik minat khalayak, namun juga berperan sebagai penguatan upaya diplomasi antara negara, tak terkecuali Indonesia dan Jepang.

Pada Indonesia Friendship Day 2022 (IFD 2002), atau Hari Persahabatan Indonesia pentas budaya kembali ditampilkan.

Pagelaran Wayang Kulit Virtual berbahasa Jepang dengan lakon “Bimo Bumbu” dibawakan oleh Ki Dalang Rofit Ibrahim bersama Grup Hannajoss.

“Pementasan-pementasan budaya secara daring merupakan strategi KBRI Tokyo untuk terus mempromosikan diplomasi kebudayaan, yang sejalan kebudayaan yang diusung dengan semangat pemajuan,” ujar Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Yusli Wardiatno, seperti dikutip dalam rilis Kemendikbudristek di Jakarta, Senin (7/3/2022).

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Tri Purnajaya, secara resmi membuka IFD 2022. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit itu merupakan bagian dari kegiatan promosi dan pelayanan terpadu yang dipaketkan dalam satu kegiatan. Acara IFD 2022 merupakan hasil kerja sama antara KBRI Tokyo dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka.

“Itu IFD 2022 pertama dari beberapa kegiatan yang diprogramkan KBRI Tokyo. Grup Hannajoss pimpinan Ki Dalang Rofit Ibrahim telah berkontribusi secara aktif untuk memajukan seni dan budaya Indonesia di Jepang dan telah bermitra dengan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka dalam berbagai kesempatan,” jelas KUAI Tri Purnajaya.

Ia yakin, pagelaran itu tidak hanya menunjukkan kekayaan dan keragaman seni budaya Indonesia, tetapi juga akan mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang.

Atdikbud Yusli yang dalam kesempatan itu turut hadir bersama Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) Meinarti Fauzie mendampingi KUAI Tri Purnajaya, mengungkapkan bahwa pagelaran wayang kulit banyak menyimpan filosofi kehidupan bangsa Indonesia yang strategis untuk dikenalkan pada masyarakat Jepang.

Lihat juga...