86 Juta Warga Indonesia Diprediksi akan Mudik pada Lebaran 2022

JAKARTA, Cendana News – Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu mengatakan pada tahun ini masyarakat diperbolehkan untuk mudik Lebaran. Melalui Rapat Terbatas (Ratas), Presiden Jokowi menginstruksikan kementerian/lembaga terkait untuk mempersiapkan mudik dengan matang.

Hal tersebut dikatakan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, saat konferensi pers virtual seusai Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Persiapan Menghadapi Idulfitri 1443 H/2022 M, Rabu (6/4/2022).

“Mengingat berdasarkan proyeksi atau prediksi dari hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan angka yang akan melaksanakan mudik itu berkisar antara 76-86 juta warga Indonesia setelah dua tahun absen tidak ada mudik,” kata Menko Muhadjir.

Presiden Jokowi juga meminta untuk memperhatikan dua hal yaitu ketersediaan bahan pangan dan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM). Menko PMK Muhadjir mengatakan kementerian terkait sudah melaporkan kesiapannya dan sebagian besar sudah siap.

Kemudian, Presiden Jokowi juga meminta meminta agar pelaksanaan perjalanan mudik tahun ini diatur secara tepat dan ketat, sehingga semua orang bisa menikmati mudiknya dan sampai tujuan dengan selamat.

Menko Muhadjir mengatakan salah satau poin yang ditekankan Presiden Jokowi yaitu bahwa saat ini angka COVID-19 yang sudah turun harus bisa dipertahankan. Dan diharapakan setelah lebaran, kalau bisa lebih rendah angkanya dari saat ini.

Lihat juga...