BAZNAS Kumpulkan Rp1,1 Miliar dari Zakat Fitrah ASN Kemenkumham

JAKARTA, Cendana News – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerima penyaluran zakat fitrah seluruh ASN Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) seluruh Indonesia, di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Senin (25/4/2022).

Total zakat fitrah yang terkumpul mencapai Rp1.199.253.231, dan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Prof. Edward O.S Hiariej kepada Wakil Ketua BAZNAS RI, Mokhamad Mahdum.

Dalam sambutannya, Mokhamad Mahdum menyambut baik penyaluran zakat fitrah dari ASN Kemenkumham yang disebutnya dapat memberikan manfaat dan keberkahan.

“Kami sangat bersyukur, mudah-mudahan zakat fitrah ini menjadi penyuci bapak/ibu semua ibadah puasanya diterima. Kami mengucapkan terima kasih, semoga Allah yang membalas kebaikannya,” kata Mahdum.

Mahdum menambahkan, pemberian zakat fitrah ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang mengimbau untuk menyalurkan zakat melalui BAZNAS. Sehingga, potensi zakat di Tanah Air dapat tercapai, sekaligus sebagai upaya menguatkan peran zakat dalam mengentaskan kemiskinan.

“Sejak dicanangkan Bapak Presiden Joko Widodo tahun lalu dan juga tahun ini, kembali Presiden membayar zakatnya di Istana. Alhamdulillah pengumpulan zakat di BAZNAS terus mengalami peningkatan. Jadi dukungan dari Bapak Presiden dan para menteri berdampak pada peningkatan pengelolaan zakat di Indonesia,” ujar Mahdum.

Melalui zakat yang disalurkan, Mahdum berharap dapat menjadi kebiasaan dan teladan baik di kalangan masyarakat. Pasalnya, semakin banyak zakat yang diberikan, maka semakin banyak yang akan terbantu melalui berbagai program yang dicanangkan BAZNAS, sehingga kesejahteraan masyarakat rentan akan tercapai.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan dengan adanya pembayaran zakat fitrah oleh seluruh ASN di lingkungan Kemenkumham akan menjadi kebiasaan untuk menunaikan zakat-zakat lainnya,” ucap Mahdum.

Sementara itu, Wakil Menteri Hukum dan HAM, Prof. Edward O.S Hiariej menyampaikan apresiasinya kepada jajaran ASN di Kemenkumham yang telah menunaikan zakatnya. Dia mengatakan, zakat yang ditunaikan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Seluruh jajaran Kemenkumham yang telah menunaikan kewajiban rukun Islam yaitu dengan berzakat melalui BAZNAS. Zakat merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim, di sisi lain juga memberikan dampak sosial yang positif dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh saudara-saudara yang kurang beruntung dari segi ekonominya,” kata Prof Edward.

Lihat juga...