Bupati Sleman Dorong Terbentuknya Jaringan Petani Milenial

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA, Cendana News – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo terus mendorong terbentuknya Jaringan Petani Milenial di wilayahnya.

Kustini menyebut saat ini ada lebih dari 500 petani milenial yang telah dikukuhkan di Kabupaten Sleman.

Dia berharap para generasi milenial dengan segala pengetahuan dan keterampilannya ini mampu berinovasi mengembangkan sektor.

“Yang penting ada kemauan,” ujarnya seusai mengukuhkan JPM UPTD BP4 Wilayah IV, di Budi Fish Farm Padukuhan Donolayan, Kalurahan Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Selasa (5/4/2022).

Lebih lanjut Kustini mengatakan, bahwa salah satu hal yang terpenting dalam memasarkan hasil pertanian adalah kolaborasi. Dengan adanya kolaborasi atau kerja sama berbagai pihak, petani akan memiliki jejaring pasar yang luas.

Di samping itu, petani juga lebih mudah untuk mengetahui kebutuhan pasar.

“Apalagi di Sleman ini kan hotel banyak, restoran banyak, kos-kosan juga banyak. Ini merupakan potensi, maka harus ada kolaborasi,” kata Kustini.

Sementara itu Ketua Budi Fish Farm, Budi Setiawan menerangkan pihaknya juga menjalin kolaborasi dengan berbagai mitra.

Saat ini ia tengah menjalin kerja sama dengan 47 mitra yang ada di Sleman dan sekitarnya.

Sedangkan untuk pemasarannya, Budi Fish Farm telah menjual produknya ke seluruh Indonesia.

Budi menjelaskan, saat ini Budi Fish Farm fokus di bidang budidaya ikan air tawar. Di antaranya nila, patin, lele dan gurami. Sedangkan untuk benih, ia mampu menyuplai hampir seluruh jenis ikan air tawar.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sleman juga berkesempatan melepas pengiriman 400 ribu benih ikan nila merah super Cangkringan yang akan dikirim ke Banjarmasin.

Lihat juga...