Dua Pekan Beroperasi Jumlah Pelanggan KA Cikuray, Tinggi

Admin

JAWA BARAT, Cendana News – Dua pekan beroperasi, volume pelanggan Kereta Api (KA) Cikuray relasi Garut-Pasar Senen pp dan KA Garut Cibatuan relasi Garut-Purwakarta pp, terbilang tinggi.

Sejak beroperasi kembali pada 25 Maret 2022, jumlah penumpang KA Cikuray relasi Garut-Pasar Senen pp hingga 7 April 2022 mencapai 705 pelanggan per hari.

Puncaknya terjadi pada 27 Maret dengan jumlah penumpang 1.144 pelanggan. Adapun rata-rata okupansi KA Cikuray pada periode tersebut sebesar 63 persen.

Sementara volume KA Garut Cibatuan relasi Garut-Purwakarta pp, rata-rata 5.089 pelanggan per hari. Puncaknya terjadi pada 27 Maret dengan jumlah penumpang mencapai 6.317 pelanggan.

Okupansi KA Garut Cibatuan pada periode tersebut mencapai rata-rata 171 persen, karena adanya pelanggan dinamis yang naik dan turun di stasiun antara.

PT KAI pun mengapresiasi antusiasme masyarakat Garut menggunakan KA Cikuray yang setelah 40 tahun lamanya tidak beroperasi.

Mengutip laman kai, Jumat (8/4/2022), VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan hadirnya kereta api di Garut akan mengurangi tingkat kemacetan kota.

“Selain juga memberikan solusi transportasi yang efisien dan terjangkau bagi pelanggan,” kata Joni.

Menurut Joni, keberadaan kereta api di Garut juga memberikan kontribusi terhadap pengembangan pariwisata di wilayah Garut dan sekitarnya.

Masyarakat akan semakin mudah mengakses berbagai lokasi wisata di Garut. Seperti Taman Gunung Papandayan, Pemandian air panas, Kampung Naga, dan lainnya.

Dia pun berharap, beroperasinya kembali jalur KA di Garut akan menjadi pemicu pemulihan perekonomian. Baik dari sektor pariwisata maupun industri-industri lokal di wilayah tersebut.
Joni mengimbau agar seluruh pelanggan bisa menjaga ketertiban dengan mengantre secara teratur.

Menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker secara baik dan benar. Dan, menjaga kebersihan stasiun dan kereta api.

Joni juga mengingatkan agar masyarakat Garut lebih waspada jika melintasi perlintasan sebidang kereta api.

Lihat juga...