Harsiarnas 2022 Jadi Momentum Penting Menuju Era Digital

Admin

JAKARTA, Cendana News – Hari ini, Jumat 1 April 2022 masyarakat Indonesia memperingati Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas).

Acara peringatan Harsianas 2022 dipusatkan di Kota Bandung, Jawa Barat. Hal ini karena Kota Kembang ini memiliki sejarah penting terkait dunia penyiaran.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Agung Suprio, mengatakan peringatan Harsianas merupakan momentum penting untuk mengingat kembali kontribusi dunia penyiaran di Tanah Air.  Mulai dari saat merintis kemerdekaan hingga sekarang.

Dimulai dari berdirinya Solosche Radio Vereeniging (SRV). Radio ketimuran pertama milik Bumiputera pada 1 April 1933 ini telah memicu hadirnya radio-radio lainnya.

“Itu adalah bukti, bahwa negeri ini sanggup berdiri di atas kakinya sendiri,” kata Agung dalam siaran persnya.

Dia mengatakan, peringatan Harsiarnas 2022 bertepatan dengan tahun pelaksanaan ASO (analog switch off). Atau peralihan dari siaran TV analog ke TV digital secara nasional.

Tahap pertama akan berlangsung 30 April mendatang, hingga batas akhir penghentian siaran analog yang sudah ditentukan pada 2 November 2022.

Agung Suprio mengatakan, bahwa momentum peringatan Harsiarnas 2022 sangat tepat. Sekaligus krusial untuk mengingatkan seluruh masyarakat tentang adanya proses alih sistem siaran dalam waktu dekat ini.

Lihat juga...