Ikuti Tips Sehat Ini Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa

Admin

YOGYAKARTA, Cendana News – Tidak lama lagi umat Muslim akan menjalani ibadah puasa Ramadhan. Meski sudah terbiasa menjalani, tidak sedikit dari mereka mengeluh lemas saat berpuasa.

Hal yang lumrah bila seseorang merasa lemas saat berpuasa di bulan Ramadhan. Apalagi, saat hari pertama puasa.

Terlebih, durasi atau lama waktu berpuasa Ramadhan di Indonesia bisa mencapai 13 jam lamanya. Karena itu, banyak perubahan pola hidup yang terjadi selama bulan suci tersebut.

Namun, beberapa tips ini sekiranya bisa membuat kondisi tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

Makan Sahur

Dalam syariat Islam, makan sahur memang sunnah. Namun, sebenarnya makan sahur memiliki banyak keutamaan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Itulah sebabnya, para dokter dan ahli gizi menyarankan untuk makan sahur sebelum berpuasa.

Beberapa manfaat sahur, antara lain sebagai sumber energi saat puasa seharian. Menjaga kesehatan pencernaan, dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Namun, pastikan menu makan sahur itu mengandung nutrisi seimbang. Seperti karbohidrat kompleks, protein, sayur, buah dan air putih.

Tetap Produktif

Para ahli menyarankan untuk berjalan kaki di sekitar rumah dan beraktivitas seperti biasa, agar tubuh tetap fit selama menjalani puasa.

Makan Secukupnya Saat Buka Puasa

Berbuka puasa dengan makan dalam jumlah sangat banyak atau terlalu cepat bisa memicu gangguan pencernaan dan masalah lambung.

Karena itu, menghindari makan berlebihan ini menjadi tips sehat berpuasa. Apalagi, bagi mereka penderita asam lambung. Sebaiknya, makan dengan porsi kecil secara perlahan. Selain lebih baik untuk menjaga kesehatan, sekaligus juga mencegah penambahan berat badan.

Olahraga Ringan

Meski puasa, rutinitas olahraga sehari-hari tidak boleh terlewatkan. Untuk menyiasatinya, pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu berat. Seperti yoga, pilates, jogging, atau dengan melakukan gerakan-gerakan workout ringan.

Konsumsi Makanan dan Minuman Manis yang Sehat

Disunnahkan bagi yang berpuasa untuk segera berbuka puasa dengan sesuatu yang manis.

Lihat juga...