Jelang Lebaran, Sejumlah Homestay di Desa Tamanmartani Mulai Dibooking

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News – Untuk pertama kalinya pasca pandemi, pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan yang memperbolehkan masyarakat melakukan kegiatan mudik Lebaran pada perayaan hari raya Idul Fitri tahun 2022 ini.

Manajer Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah. Foto: Jatmika H Kusmargana

Kebijakan ini pun langsung disambut antusias seluruh masyarakat di berbagai daerah pelosok tanah air. Pasalnya tak bisa ditampik, momen mudik Lebaran setiap setahun ini, dinilai selalu mampu mendongkrak perekonomian di daerah.

Hal itu pulalah yang juga dirasakan sejumlah desa binaan Yayasan Damandiri yang tersebar di 15 desa di wilayah Pulau Jawa. Momen lebaran tahun ini diharapkan mampu menjadi pengungkit ekonomi, khususnya di sejumlah desa yang mengandalkan sektor pariwisata.

Seperti misalnya di desa binaan Yayasan Damandiri, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Desa yang terletak di sisi barat kawasan wisata Candi Prambanan ini selama ini memang mengandalkan sektor pariwisata sebagai salah satu pengungkit perkonomian warga.

Tak sedikit warga di desa Tamanmartani yang mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, seperti misalnya dengan membuka layanan homestay.

Sejak ditetapkan sebagai desa binaan tahun 2017 lalu, Yayasan Damandiri, bahkan telah membangun dan merenovasi sekitar 12 rumah-rumah warga menjadi penginapan atau homestay dengan 24 kamar.

Lihat juga...