Kalbar Gagas Inovasi Puskesmas Berjalan di Tapal Batas

JAKARTA, Cendana News – Menyelesaikan tantangan memberikan layanan kesehatan merata bagi daerah Terpencil, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK), Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan menggagas inovasi Puskesmas Berjalan di Tapal Batas (PUBERTAS).

Bupati Balangan, Abdul Hadi menjelaskan PUBERTAS merupakan layanan kesehatan jemput bola. Tenaga kesehatan datang untuk mendorong masyarakat agar mendatangi layanan kesehatan dengan menekankan pelayanan promotif dan preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

Waktu pelaksanaan PUBERTAS adalah tiga bulan sekali selama dua hari di daerah DTPK seperti Dusun Libaru Sungkai, Dusun Andamai, Dusun Kurihai, Dusun Sawang, Dusun Ambata, dan Dusun Tanjungan Jalamu.

“Penentuan waktu pelayanan pada masyarakat dijembatani oleh kepala desa atau demang adat yang dilaksanakan di balai desa setempat,” kata Hadi dalam acara virtual KemenpanRB, Minggu (3/4/2022).

Dalam praktiknya para petugas yang terdiri dari dokter dan 31 tenaga kesehatan melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor hingga titik terjauh yang bisa dijangkau. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 sampai 4 jam menuju lokasi.