KKP Jamin Stok Ikan Aman hingga Lebaran 2022

Editor: Koko Triarko

JAKARTA, Cendana News – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjamin stok ikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Lebaran 2022.

“Tahun ini diperkirakan yang mudik lebih besar dari tahun sebelumnya. Nah, saya juga bisa sampaikan, bahwa sekarang pelaku perikanan tangkap lebih bergairah,” ungkap DJPT Muhammad Zaini Hanafi, saat Konferensi Pers Kesiapan Sektor Kelautan dan Perikanan Hadapi Ramadan di Media Center KKP, Jakarta Pusat, Senin (4/4/2022).

Menurutnya, banyaknya kapal yang aktif melaut saat ini untuk mendukung peningkatan produksi. Hal ini untuk antisipasi kemeriahan Lebaran tahun 2022 ini.

Mengacu data kebutuhan ikan menjelang puasa dan lebaran tahun-tahun sebelumnya, stok ikan selalu mencukupi kebutuhan masyarakat, bahkan surplus.

“Peningkatan produksi juga terjadi di subsektor perikanan budidaya,” katanya.

Dia juga menyampaikan, berdasarkan perkiraan panen ikan budidaya secara nasional. Bahwa dari Januari hingga April mencapai 1,5 juta ton yang berlangsung di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimatan, Bali – Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Pulau Maluku – Papua.

Lihat juga...