Komunitas Anjing Pelacak Ikut Amankan Perayaan Misa Paskah di Bekasi 

Editor: Koko Triarko

BEKASI, Cendana News – Anjing pelacak dari Qiric Community-K9 Kampung Sawah, Kota Bekasi, ikut membantu pengamanan perayaan Misa di Gereja Katolik Santo Servatius, Jatimelati, Pondok Melati.

Keterlibatan Qiric Community-K9 membuat perayaan Tri Hari Suci di gereja Katolik Santo Servatius tahun ini menjadi berbeda.

Dalam upaya membantu pengamana itu Qiric Community-K9 menurunkan beberapa ekor anjing pelacak.

Qiric Comunity Kampung Sawah tergabung dalam Komunitas Anjing Keluarga Indonesia (KAKI) dengan supervisi oleh K9 Chambaraya.

Mereka ikut membantu giat Tri Hari Suci di lingkungan Petrus Kanisius wilayah Petrus 3 sejak Kamis Putih 14 April 2022. Dan, pada hari ini Misa Jumat Agung, 15 April 2022.

Pengamanan akan berlanjut hingga Misa Sabtu Malam Paskah (16/4/2022) di Gereja Katolik Santo Servatius, Kampung Sawah, yang dikenal sebagai Kampung Pancasila itu.

“Anjing Belgian Milinois ikut diturunkan dalam pengamanan di gereja Servatius sebagai anjing pendeteksi,” kata Sony Rompas, anggota Qiric Comunity Kampung Sawah, Jumat (15/4/2022).

Menurut Sony, anjing pelacak dari Qiric Community semua jenis anjing pelacak milik perorangan yang tergabung dalam komunitas. Selama ini, anjing itu dilatih dan menjaga rumah.

Sony mengatakan, anjing pelacak yang dididik secara pribadi sebagai hobi, juga bisa melacak narkoba.

Misalnya di rumah  ada orang suka narkoba masuk ke rumah, maka anjing pelacak akan mengetahuinya. Spontan akan mengikuti orang yang membawa masuk narkoba ke dalam rumah tuannya.

Pengamanan oleh Qiric Community dilakukan tanpa ada biaya. Dan, kebetulan Gereja Katolik Santo Servatius meminta langsung melalui surat.

Sebelumnya, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dijadwalkan hadir pada Misa hari ini, Jumat (15/4/2022), namun batal.

Lihat juga...