Pedagang Musiman Mulai Marak di Kawasan Jalan Lintas Sumatera

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG, Cendana News – Pedagang musiman di kawasan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Lampung Selatan mulai marak sepekan menjelang Lebaran tahun 2022 ini.

Para pedagang musiman itu mendominasi sejumlah titik di tepian Jalinsum dengan mendirikan lapak-lapak semi permanen dari papan, bambu dan terpal.

Nursanti, pedagang musiman di kawasan itu mengaku senang bisa kembali mengais rezeki pada musim arus mudik-balik Lebaran.

Dia menyiapkan lokasi di sisi kiri jalan menuju Pelabuhan Bakauheni untuk berjualan aneka  makanan, minuman ringan dan kebutuhan pemudik lainnya. Termasuk oleh-oleh keripik dan kerupuk kemplang.

“Sekarang mulai terlihat arus mudik lebaran dari arah Sumatera ke Jawa dan sebaliknya. Saya telah berjualan sepekan yang lalu, hasilnya lumayan,” kata Nursanti kepada Cendana News, Selasa (26/4/2022).

Nursanti sengaja membuka lapak musiman yang bisa dibongkar. Lokasinya berada satu kilometer dari Pelabuhan Bakauheni.

“Lokasi strategis di jalur menuju Jalan Lintas Timur (Jalintim) menjadi peluang menangguk untung dari pembeli,” katanya.

Nursanti menyebut, dua tahun selama masa pandemi Covid-19 dia hanya membuka warung kecil di rumah.

Namun, tahun ini dia bisa berjualan lagi di pinggir Jalinsum yang potensial banyak pembeli.

Bersama sang suami, dia membeli sejumlah barang dagangan dari toko grosir. Sementara, keripik dan kerupuk kemplang diperoleh dari produsen.

Lihat juga...