Perbaiki Kondisi Tanah, Pasir Alun-alun Utara Yogyakarta Diganti Baru

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News – Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat melalui Tepas Panitikisma selaku penanggungjawab aset-aset Keraton, tengah melakukan revitalisasi atau penataan kembali kawasan Alun-alun Utara Yogyakarta.

Penataan dilakukan dengan melakukan penggantian pasir tanah Alun-alun Utara yang mulai digali secara bertahap sejak Minggu, 3 April 2022 lalu. Pengerjaan ini diperkirakan akan selesai dalam empat bulan ke depan pada Juli 2022.

Wakil Penghageng II Tepas Panitikisma Keraton Yogyakarta, KRT Suryo Satriyanto menjelaskan penggantian pasir tersebut dilakukan untuk memperbaiki kondisi tanah di Alun-alun Utara.

“Selama ini, terdapat banyak aktivitas yang menyebabkan kondisi alun-alun kurang ideal. Material asli penyusun alun-alun yakni pasir, telah tercampur dengan banyak material lain, karena kegiatan yang dilaksanakan di alun-alun Utara sering tidak inline dengan kelestarian alun-alun ditambah lagi sistem drainase kurang memadai,” jelasnya.

Sejak pemuliaan dilakukan, terdapat tumpukan benda-benda yang tidak seharusnya berada di alun-alun seperti timbunan sampah, spanduk, hingga pondasi beton untuk kegiatan temporer yang pernah digelar di alun-alun.

“Oleh karenanya, mengembalikan tanah Alun-alun Utara ke material aslinya yakni pasir, sangat penting untuk menjaga kemuliaan serta kelestarian Alun-alun sebagaimana mestinya,” tambahnya.

Lihat juga...