Resmikan Gedung BAZNAS, Wapres Luncurkan Program 5.000 Santripreneur

JAKARTA, Cendana News – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersama Wakil Presiden RI Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin meluncurkan program 5.000 Santripreneur, sebuah program pembinaan, pendampingan dan pelatihan bisnis serta bantuan modal usaha yang ditujukan kepada para santri yang ingin menggeluti usaha.

Santripreneur merupakan program lanjutan dari program sebelumnya yang sudah ada, yakni BAZNAS Milenialpreneur yang telah dilaksanakan pada 2020 lalu. Namun yang membedakan, lebih ditujukan untuk para santriwan/santriwati lulusan pondok pesantren berusia 17 sampai 30 tahun yang berdomisili di wilayah Jabodetabek dan aktif di bidang wirausaha.

Pada kesempatan yang sama, Wapres RI turut meresmikan Gedung BAZNAS, yang menjadi tempat amil BAZNAS dalam melayani umat.

Wapres RI menyebut program ini sangat bermanfaat dan merupakan buah positif dari dana zakat, infak, dan sedekah yang ditunaikan masyarakat melalui BAZNAS.

“Alhamdulilah sore hari ini berkat limpahan rahmat dan karunia Allah SWT kita dapat hadir bersama di kantor BAZNAS dalam rangka optimalisasi pengumpulan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) sekaligus peresmian Kantor dan peluncuran Santripreneur,” kata Wapres Ma’ruf, di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

“Kita patut bersyukur bahwa pengumpulan ZIS oleh BAZNAS dalam sepuluh tahun terakhir tumbuh positif, rata-rata tumbuh 34 persen per tahun. Ini gambaran tingginya kesadaran masyarakat menunaikan ZIS sekaligus cermin dari kedermawanan dan solidaritas umat,” tambahnya.

KH Ma’ruf menyebut para santripreneur ini sebagai Gusiwan, yang berarti santri bagus pinter ngaji usahawan.

“Jadi memang santri tidak hanya pintar ngaji, memang dia harus menjadi mutafakkih fiddin, karena memang ada liyatafakkahu fiddin tapi juga ada perintah untuk imaaratu al-ard di samping tafakkuh fiddin, bagaimana memakmurkan bumi, memberikan tanggung jawab kepada kamu untuk memakmurkan bumi. Saya juga megapresiasi upaya BAZNAS dan jajarannya untuk terus mengawal pengelolaan zakat dengan prinsip 3A Aman Syariah, Aman Regulasi, dan Aman NKRI,” ujar KH Ma’ruf.

Lihat juga...