Ridwal Kamil Kampanyekan Gerakan Jabar Cekas

Editor: Koko Triarko

DEPOK, Cendana News – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istri sebagai Ketua TP-PKK Provinsi Jabar, Atalia Paratya Ridwan Kamil mengkampanyekan Jawa Barat Berani Cegah Tindakan Kekerasan (Jabar Cekas) di SMA Negeri 4 Kota Depok, Jumat (8/4/2022).

Ridwan Kamil menjelaskan pentingnya sinergi dalam konsep Pentahelix ABCGM sebagai upaya gotong-royong mencegah kekerasan perempuan dan anak. ABCGM adalah Akademisi, Badan Usaha, Komunitas, Pemerintahan, dan Media.

“Hari ini Provinsi Jawa Barat menguatkan upaya kegotong-royongan untuk mencegah masalah dalam kehidupan kita. Yaitu kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujar Ridwan Kamil dalam sambutannya.

Ia juga menyampaikan mengenai 10 Program Kampanye dalam Jabar Cekas. Berani berbicara, berani melapor, berani menolak, berani mencegah, dan berani berpihak kepada korban.

Tindakan lainnya adalah berani berkata tidak, berani melawan, berani maju, berani bergerak. Dan, berani melindungi korban kekerasan yang menimpa perempuan dan anak.

Menurut Kang Emil, Kampanye Jabar Cekas merupakan upaya menekan angka kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Jawa Barat.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat, I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka, menyampaikan jumlah kasus.

Menurutnya, berdasarkan data Unit Pelayanan Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Provinsi Jabar, pada 2021 tercatat ada 505 kasus.

Lihat juga...