Selenggarakan Lagi Mudik Gratis, Kemenhub Siapkan 350 Bus

JAKARTA, Cendana News – Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mengijinkan kegiatan mudik pada Lebaran 2022 ini dengan sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi, dan menindaklanjuti tingginya animo masyarakat atas mudik ini, maka mewakili Pemerintah, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub) kembali menggelar program mudik gratis 2022.

Program mudik gratis yang dicanangkan pemerintah itu, bertujuan untuk meningkatkan aspek keselamatan dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi (sepeda motor) oleh pemudik.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menyampaikan bahwa pihaknya menyiapkan sebanyak 350 unit bus untuk mendukung program mudik gratis tahun ini.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, apalagi dengan muatan yang sarat penumpang dan barang,” ujarnya dalam media briefing kesiapan angkutan Lebaran 2022 pada Jumat (8/4/2022).

Hanya saja dikatakannya, bahwa pelaksanaan mudik gratis dengan bus dan truk pengangkut motor pada tahun ini tidak sebesar seperti pada tahun-tahun sebelum pandemi.

“Anggaran tahun ini tidak terlalu besar, dan kisaran masyarakat yang dapat ditampung hanya 10.500 penumpang dengan 350 unit bus,” ungkap Dirjen Budi.

Adapun rencana kuota bus mudik yang akan disediakan adalah sebanyak 270 bus untuk mengangkut 8.100 penumpang, dan untuk angkutan balik disediakan 80 bus untuk mengangkut 2.400 penumpang. Sementara untuk kuota truk bagi sepeda motor disediakan 34 unit truk guna mengangkut 1.020 unit motor.

Lihat juga...