Wagub : Pessel Sumbar Miliki Potensi Menjanjikan di Bidang Wisata dan Pertanian

PESSEL, Cendana News – Pesisir Selatan merupakan kabupaten nomor dua terluas dan penduduk nomor tiga paling banyak di Sumatera Barat. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten tahun 2022 sebesar Rp1,66 triliun. Jumlah nagari yang dimiliki sebanyak 182 nagari.

“Artinya Pesisir Selatan memang butuh bantuan untuk membangun kabupaten. Namun hal tersebut sangat sulit sekali mengatur itu semua, tanpa dilakukan kolaborasi bersama baik, kabupaten maupun provinsi,” kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy saat memberi sambutan acara kunjungan Safari Ramadan di Masjid Darul Ikhsan Asam Kumbang, Nagari Puluik-puluik Selatan, Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (14/4/2022).

Menurut Wakil Gubernur Audy, Pesisir Selatan juga memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan demi terwujudnya kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Makanya kita sengaja membawa OPD dari Pemprov Sumbar. Agar apa yang bisa disinergikan, program apa yang bisa dikerjasamakan. Apakah itu di bidang peternakan, perikanan, pertanian, ataupun bidang pariwisata,” ujar Wagub.

Tak hanya di bidang pertanian, Pesisir Selatan juga memiliki potensi di bidang pariwisata yang sangat menjanjikan. Karena itu, pemerintah kabupaten perlu mengoptimalkan potensi tersebut.

“Terutama di Kecamatan Bayang Utara ini kita melihat banyak sekali lokasi desa wisata yang bisa dikembangkan seperti jembatan akar dan air terjun. Silakan disampaikan kepada bupati apa yang bisa dikolaborasikan dengan pemerintah provinsi kami insyaAllah siap membantu,” tuturnya.

Terakhir, pada saat yang sama Wagub Sumbar menyerahkan bantuan dari Pemprov Sumbar senilai Rp50 juta kepada ketua pengurus Masjid Darul Ikhsan Asam Kumbang.

“Semoga dengan bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” harap wagub.

Lihat juga...