Wapres Beberkan Empat Kunci Optimalkan Performa Industri Asuransi Syariah

JAKARTA, Cendana News – Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin mengatakan, di tengah peningkatan kinerja ekonomi dan keuangan syariah Indonesia yang saat ini menduduki peringkat empat dunia dan mencatatkan total kenaikan aset mencapai 17 persen pada 2021, pertumbuhan sektor industri asuransi syariah justru relatif cukup rendah.

“Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pangsa pasar industri syariah sebesar 5,3 persen pada akhir 2021. Maka itu, untuk mengoptimalkan performanya, perusahaan asuransi syariah harus penuhi empat faktor kunci,” ujar Ma’ruf pada pada Peluncuran PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah), secara virtual Selasa (05/04/2022).

Empat kunci tersebut, pertama sebut dia, SDM yang ahli di bidang (ekonomi dan keuangan syariah).

“Ini akan memajukan industri syariah, antara lain melalui penciptaan produk yang inovatif dan perluasan pangsa pasar baru,” imbuhnya.

Wapres Ma’ruf pun menjelaskan, ketertarikan akan produk-produk jasa keuangan syariah ditunjukkan oleh konsumen terlepas dari agama dan keyakinannya. Untuk itu sebagai faktor kunci selanjutnya ia mengingatkan untuk tetap menjaga nilai-nilai syariah dalam bisnis ini.

Lihat juga...