1.600 Warga Trirenggo Terima Manfaat Program Modal Kita

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News – Program pemberian pinjaman usaha “Modal Kita” yang dijalankan Yayasan Damandiri sejak 2017 lalu diakui mampu memberikan manfaat luar biasa bagi warga miskin/kurang mampu di desa Trirenggo Bantul.

Pasalnya selama lima tahun terakhir, tercatat ada lebih dari 1.600 warga miskin/kurang mampu di desa Trirenggo telah menerima manfaat program pinjaman tersebut.

Meski begitu, program yang hingga saat ini telah memiliki guliran dana mencapai Rp3,2 milyar ini dinilai akan lebih maksimal dalam menggerakkan perekonomian desa, jika setiap kelompok di sejumlah dusun diberikan kewenangan dalam mendampingi setiap anggota untuk memulai usaha.

Hal tersebut diungkapkan salah seorang penggerak koperasi, serta tokoh masyarakat di wilayah Padukuhan Dowaluh, desa Trirenggo, yang juga merupakan ketua Kelompok Unit “Modal Kita” Maju Lancar, Saptono, kepada Cendananews belum lama ini.

Saptono menilai selama ini pinjaman modal usaha senilai kurang lebih Rp2-3juta per orang itu diberikan pada setiap anggota, tanpa disertai pendampingan secara masif oleh pihak Koperasi Gemah Ripah selalu pelaksana program di desa Trirenggo.

Hal ini mengakibatkan sejumlah anggota yang telah menerima manfaat, kurang bisa mengelola modal usaha tersebut. Yang pada akhirnya justru membuat mereka terjerumus menggunakan pinjaman modal itu untuk keperluan konsumtif.

Lihat juga...