Anak-anak Terpaksa Ikut Berdesakan Saat Arus Balik Lebaran

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Sang anak sebutnya sempat tidak merasa nyaman, Muklisin bilang mencari tempat nyaman di kapal. Setelah mengantre di area kantong parkir, ia bisa mencari tempat duduk di kapal.

“Saya menyewa tikar agar anak bisa duduk karena tempat duduk penuh di dalam kapal,”ujarnya.

Sejumlah calon penumpang kapal rela berdesakan mengajak serta anak anak di dermaga dua, Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (8/5/2022). Foto: Henk Widi

Petugas dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas (KSOP) Kelas IV Bakauheni siaga di area gangway dermaga dua. Mereka melakukan penghitungan jumlah penumpang agar tidak terjadi kelebihan muatan. Sejumlah petugas selain mencatat manifest juga membantu memisahkan calon penumpang agar tidak berdesakan.

Sesuai data posko PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) jumlah penumpang, kendaraan naik ke pulau Jawa. Jumlah penumpang kembali ke pulau Jawa tercatat sebanyak 160.143 meliputi 12.421 pejalan kaki, dalam kendaraan 147.722 penumpang.

Jumlah kendaraan diseberangkan dari pulau Jawa sebanyak 38.945 unit. Jumlah tersebut terdiri dari roda dua 18.071 unit, roda empat 19.752 unit, 538 unit bus, 584 unit truk. ASDP menyiagakan sebanyak 40 kapal dengan trip mencapai 130 kali per hari.

Lihat juga...