Angkatan Laut RI – Australia Tingkatkan Kerja Sama Militer

JAKARTA, Cendana News – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Royal Australian Navy (RAN) tingkatkan kerja sama militer antar negara.

Hal itu terungkap saat Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto menghadiri acara Sea Power Conference (SPC) yang diselenggarakan oleh Royal Australian Navy (RAN), bertempat di International Convention Center (ICC), Darling Harbour, Sydney, Australia pada 9 sampai 12 Mei 2022 lalu.

Dalam rilis Dispenal yang dimuat InfoPublik.id, Senin (16/5/2022) mengungkapkan Sea Power Conference adalah konferensi multilateral yang diselenggarakan dua tahunan dengan membahas berbagai isu terkait perkembangan lingkungan strategis di kawasan Indo-Pasifik, pembangunan kekuatan Angkatan Laut, dan keamanan maritim dengan mengundang pemimpin Angkatan Laut seluruh dunia.

Sea Power Conference 2022 yang berlangsung sejak 9 sampai 12 Mei 2022 itu, dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Indo Pacific 2022 International Maritime Exposition, King-Hall History Conference, Navy Sailors Forum, dan Navy Enlisted Leaderships Conference dengan tema “Maritime Domain in the 21st Century-A Commonality of Purpose”.

Dalam agenda kegiatan SPC kali ini, Asops Kasal sebagai Ketua Delegasi TNI AL berkesempatan melakukan pertemuan bilateral dengan Deputy Chief of Navy, Rear Admiral Christopher Smith,CSM, RAN. Adapun materi yang dibicarakan adalah kerja sama bidang operasi dan latihan, rencana pelaksanaan Navy To Navy Talks, serta bidang pendidikan dan kursus.

Lihat juga...