Bu Anis Bisa Jualan Berkat Bantuan Gerobak Rakyat Damandiri

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA, Cendana News – Pagi itu, Bu Anis (31) tampak sibuk menyiapkan dagangan di warung sederhana di halaman depan rumahnya dusun Cepoko, Trirenggo, Bantul.

Setelah menyelesaikan pekerjaan rumah tangga sehari-hari seperti mencuci piring, mencuci baju, dan lainnya, ia membuka warung makanan dan minuman kecil-kecilan dengan semangat.

Aneka jenis makanan dan minuman untuk anak-anak seperti tempura, aneka snack, es jus, hingga minuman ringan lainnya tampak tersaji di gerobak kayu sederhana berukuran sekitar 120 x 50 cm.

Sambil menjaga dan merawat dua orang anaknya yang masih kecil, ia menunggu pelanggan membeli dagangannya sepanjang hari.

“Ya lumayan, kalau pas ramai sehari bisa dapat Rp100 ribu. Kalau pas sepi seperti pandemi kemarin, ya sehari minimal dapat Rp50 ribu,” ungkap Bu Anis.

Bu Anis merupakan salah satu warga kurang mampu di Desa Trirenggo  yang memperoleh bantuan Gerobak Rakyat dari Yayasan Damandiri.

Sejak tahun 2017, yayasan yang didirikan oleh HM Soeharto tersebut telah memberikan bantuan 15 gerobak usaha kepada warga kurang mampu di desa Trirenggo.

Fasilitas usaha berupa gerobak senilai Rp800 ribu per unit ini untuk membantu warga kurang mampu agar bisa membuka usaha.

Selain untuk meningkatkan pendapatan, program ini juga diharapkan mampu mengubah kehidupan mereka menjadi lebih sejahtera.

Lihat juga...