Dieng Garden Bantu Tingkatkan Pendapatan Anggota Lewat Agrobisnis Strawberry

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANJARNEGARA, Cendana News – Meski belum maksimal dalam menarik wisatawan, objek wisata Taman Bunga Dieng Garden, ternyata tetap mampu berkontribusi dalam membantu meningkatkan pendapatan warga sekitar khususnya anggota koperasi.

Dengan cerdik, pengelola Dieng Garden yakni Koperasi Pelita Sejahtera Mandiri, justru memaksimalkan potensi agrobisnis yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan mengembangkan budidaya tanaman buah strawberry.

“Karena wisatawan yang berkunjung ke Dieng Garden selama ini masih sepi, maka kita mencoba memaksimalkan potensi agrobisnis yang ada dengan membudidayakan strawberry. Ternyata hasilnya lumayan,” ujar Manager Usaha Dieng Garden, Bagus Ramadhani.

Memberdayakan sebagian anggota koperasi yang totalnya mencapai 240 orang lebih, saat ini Dieng Garden bahkan telah memiliki sebanyak 1800 tanaman yang mampu menghasilkan penen sebanyak 1 kilogram stroberi setiap harinya.

Buah strawberry segar tersebut kemudian dijual oleh pihak koperasi kepada konsumen, baik dengan cara didisplay di Cafe Dieng Garden, maupun dititipkan ke sejumlah warung oleh-oleh lainnya di sekitar kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng.

“Kita terus melakukan pengembangan budidaya mulai dari penyetekan, pembibitan, hingga perawatan,” imbuh Bagus.

Selain membudidayakan strawberry di kawasan Dieng Garden, sejumlah anggota koperasi saat ini juga telah mulai membudidayakan di rumah mereka masing-masing. Sehingga secara otomatis mampu menambah pendapatan mereka.

“Kita saat ini bahkan juga mulai membudidayakan tanaman-tanaman herbal maupun tanaman hias semacam begonia, alocasia di kalangan anggota Koperasi. Karena selain iklimnya cocok, tanaman ini juga memiliki potensi ekonomi cukup tinggi,” bebernya.

Lihat juga...