DKPPP Tegaskan Penyakit Mulut Kuku tidak Menular ke Manusia

JAKARTA, Cendana News – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung menegaskan Penyakit Mulut Kuku (PMK) pada hewan yang kini tengah merebak di beberapa daerah di Jawa Tengah dan beberapa provinsi lainnya tidak menular ke manusia atau zoonosis.

“Perlu saya tegaskan kembali bahwasanya virus PMK tidak menular ke manusia atau bukan termasuk zoonosis. Jadi warga tidak perlu takut, hanya bagi peternak perlu meningkatkan kewaspadaan,” kata Kepala DKPPP, Joko Budi Nuryanto, seperti dimuat InfoPublik, Sabtu (14/5/2022).

Ia juga memastikan hingga saat ini belum ada temuan kasus PMK di Kabupaten Temanggung, meski demikian pihaknya terus melakukan upaya antisipasi agar penyakit yang menyerang pada hewan ternak berkaki empat, seperti sapi, kerbau, kambing dan juga babi tidak masuk dan merebak ke Temanggung.

“Langkah pertama kita lakukan sosialisasi ke peternak, selain itu sejak 9 Mei lalu kita juga sudah mengumpulkan petugas veteriner yang bertugas menangani masalah kesehatan hewan untuk meningkatkan kewaspadaan,” terangnya.

DKPPP juga terus meningkatkan pengawasan lalu lintas hewan ternak, khususnya dari kabupaten yang terkonfirmasi adanya virus PMK.

Lihat juga...