Hari Kebangkitan Nasional 2022, Semangat Budi Utomo Masih Relevan

Admin

JAKARTA, Cendana News – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate menyatakan semangat persatuan dan kesatuan Budi Utomo masih relevan hingga saat ini.

Menurut Johnny, semangat Budi Utomo masih relevan pada kehidupan berbangsa saat ini di tengah krisis pandemi COVID-19.

Dan, di tengah konflik akibat operasi militer di Ukraina oleh Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi mikro tentang geopolitik menjadi tidak stabil.

Karenanya dia meminta upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022 tak hanya dimaknai sebagai seremonial saja.

Tetapi, harus ditelaah dari sisi historis di baliknya, yakni semangat persatuan yang digagas perkumpulan Budi Utomo,” katanya di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Dia menjelaskan, bahwa Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Budi Utomo pada 20 Mei 1948 sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia.

Sebab, pada masa itu terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi, di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

“Sehingga semangat persatuan yang digagas oleh Budi Utomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” imbuhnya.

Johnny mengatakan, Budi Utomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dalam sejarah pergerakan kemerdekaan.

Dan, organisasi tersebut didirikan oleh dokter Sutomo beserta para pemimpin pemuda pada tahun 1908.

Budi Utomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain.