Kapolres Temanggung Tantang Kreator Bikin Knalpot Bersuara Merdu

JAKARTA, Cendana News – Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi menantang kreator untuk membuat knalpot ‘bersuara merdu’. Knalpot ‘bersuara merdu’ akan banyak diminati warga dibanding dengan brong.

“Banyaknya peminat dari warga akan mampu meningkatkan omzet produksi,” kata Kapolres, Jumat (13/5/2022).

Kapolres mengatakan perlunya para pelaku UMKM produksi knalpot untuk menciptakan yang nyaman dan enak didengar atau tidak berisik, yakni kreator membuat yang mampu mengeluarkan nyanyian dan suara yang merdu.

Disampaikan olehnya, fungsi knalpot adalah meredam suara dari ruang bakar, meningkatkan tenaga yang dimiliki kendaraan, menjadi aksesoris atau pemanis kendaraan, berfungsi mengurangi polusi udara.

“Knalpot juga bermanfaat untuk mengurangi berat kendaraan. Kreator harus mampu mengakselerasi manfaat knalpot tersebut,” kata Kapolres, seperti dimuat InfoPublik, Sabtu (14/5/2022).

Ia mengatakan, Polres Temanggung dalam empat bulan terakhir menggelar operasi di jalanan.

Hasil operasi itu, Polres Temanggung berhasil menyita 416 knalpot tidak standar atau knalpot brong. Knalpot brong didapat dari para pengendara sepeda motor yang umummya kaum muda.

Disampaikan oleh Kapolres, pemusnahan knalpot dengan cara dipotong agar tidak dapat digunakan kembali oleh warga. Knalpot tidak standar ini mengganggu kenyamanan dan merusak pendengaran, sehingga dimusnahkan.

Lihat juga...