Libur Lebaran, Kampung Homestay Damandiri Samiran Ludes Diserbu Wisatawan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BOYOLALI, Cendana News – Seluruh homestay atau penginapan milik warga, di desa binaan Yayasan Damandiri, Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, diketahui ludes dipesan wisatawan asal luar daerah, pada masa libur lebaran tahun 2022 ini.

Adanya kebijakan pemerintah yang mengijinkan tradisi mudik lebaran tahun ini, menjadi faktor utama yang membuat kawasan wisata Selo kembali ramai. Sehingga mampu menggerakkan perekonomian di desa terpencil lereng gunung Merapi dan Merbabu ini.

Manager Umum Koperasi Sahabat Damandiri Samiran, Bayu Pramana, selaku pengelola Kampung Homestay Damandiri Samiran menyebutkan, pada libur lebaran tahun 2022 ini, seluruh kamar homestay Damandiri telah penuh diisi oleh wisatawan. Bahkan pemesanan kamar ini sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

“Pada libur lebaran tahun ini, seluruh kamar di Kampung Homestay Damandiri penuh disisi wisatawan. Bahkan sejak jauh-jauh hari sudah diboking. Khususnya untuk H+1 dan H+2 lebaran,” ungkap Bayu, Kamis (5/5/2022).

Banyaknya wisatawan asal luar daerah yang ingin menginap di Kampung Homestay Damandiri Samiran, bahkan membuat sejumlah pengelola homestay terpaksa harus menolak pesanan, karena seluruh kamar telah penuh terisi.

“Kita sampai menolak pesanan tamu homestay, karena seluruh kamar sudah penuh terisi. Baik itu yang memesan lewat jasa aplikasi online, maupun pesanan secara langsung,” bebernya.

Tingginya minat wisatawan untuk menginap di kawasan Kampung Homestay Damandiri Samiran ini menjadi bukti nyata keberhasilan Yayasan Damandiri, dalam menggerakkan perekonomian desa Samiran, Selo, Boyolali lewat sektor pariwisata.

Lihat juga...