Lima Ciri Khas Presiden Soeharto, dari Senyuman Hingga Gaya Bicara

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA, Cendana News – Presiden ke-2 RI HM Soeharto dikenal sebagai sosok pemimpin dengan kharisma dan kepribadian yang khas.

Tak hanya dihormati dan dijunjung tinggi oleh rakyat, Presiden Soeharto juga disegani oleh masyarakat internasional.

Ini terbukti dari banyaknya tanda kehormatan yang diperolehnya dari sejumlah negara di dunia.

Seperti halnya tokoh besar dunia, sosok Soeharto pun teramat lekat di ingatan masyarakat.

Nah, berikut ini beberapa ciri khas Presiden Soeharto yang paling diingat oleh masyarakat luas;

  1. Senyuman

Presiden Soeharto terkenal sebagai sosok pemimpin yang selalu menebar senyum khasnya di berbagai kesempatan. Baik di dalam maupun luar negeri.

Sifat murah senyumnya bahkan membuat presiden 32 tahun ini mendapatkan julukan sebagai “The Smiling General’.

Hingga saat ini, wajah Soeharto dengan senyum tipisnya sering sekali terlihat di berbagai tempat dan kesempatan. Baik dalam gambar, stiker, pamflet, spanduk, meme, dan sebagainya.

  1. Gaya Bicara

Selain senyuman, semasa hidup Presiden Soeharto juga terkenal sebagai tokoh yang kerap menggunakan gaya bicara yang khas.

Dalam berbagai pidatonya, ia sering mengunakan kata akhiran -ken sebagai ganti kata akhiran -kan. Misalnya ‘memerintahkan’ menjadi ‘memerintahken’. Atau ‘lanjutkan’ menjadi ‘lanjutken’.

Soeharto juga kerap menggunakan kata sambung tertentu dalam menyusun sebuah kalimat. Misalnya, ‘… yang mana’ atau “… daripada,” dan sebagainya.

  1. Gaya Pakaian

Setiap presiden di negara manapun memiliki gaya berpakaian khas dan tersendiri. Gaya palaian ini mencitrakan kepribadian. Meski berasal dari kalangan militer, Soeharto tidak terlalu menonjolkan pangkat kemiliterannya dalam hal berbusana.

Lihat juga...