Manfaatkan ‘Modal Kita’, Ilham Sukses Budidaya Ikan Chana Beromset Jutaan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News – Sudah sejak 5 tahun terakhir, Ilham Nur Sodik (26) warga desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, bekerja sebagai pegawai tetap ‘Warung Kita’ yang merupakan unit usaha koperasi binaan Yayasan Damandiri.

Selain bekerja sebagai pelayan warung, belakangan ia juga mulai merintis usaha sampingan berupa budidaya ikan hias Chana di rumahnya.

Berkat dorongan dan dukungan Koperasi Tamanmartani Sejahtera yang merupakan Koperasi binaan Yayasan Damandiri, ia pun mampu mengembangkan usaha sampingan tersebut, hingga menghasilkan keuntungan yang terbilang lumayan.

“Awalnya dulu hanya pelihara satu pasang iklan, dari uang tabungan hasil bekerja di ‘Warung Kita Damandiri’. Ternyata bisa hidup dan besar. Akhirnya saya memutuskan untuk serius membudidayakannya,” ungkapnya.

Memanfaatkan pinjaman usaha ‘Modal Kita’ Koperasi, Ilham pun perlahan mulai membeli beberapa pasang indukan ikan untuk ia budidayakan. Sekarang ia pun telah memiliki sebanyak 5 pasang indukan berbagai jenis. Seperti jenis Pulcra, Asiatica dan sebagainya.

“Saya pinjam modal ke koperasi. Awalnya Rp3 juta. Lalu terakhir kemarin pinjam Rp5 juta untuk membeli indukan,” ungkapnya.

Kini setelah beberapa tahun menjalankan usaha budidayanya, ikan Chana milik Ilham pun telah berhasil bertelur dan menghasilkan anakan. Dari menjual anakan ikan itulah Ilham bisa mendapatkan pemasukan tambahan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

Lihat juga...