Menikmati Kuliner Soto dengan Kearifan Lokal Temanggung

TEMANGGUNG, Cendana News – Temanggung merupakan surga kuliner bagi penikmatnya, menjadi poros jalan menuju Dieng dan Candi Borobudur, menawarkan kuliner khas dengan kearifan lokal masyarakatnya.

Salah satunya adalah soto sapi dan soto ayam kampung Pak Banu, tepatnya di jalan KS.Tubun, Kecamatan/Kabupaten Temanggung.

Bila berkendara dari arah Parakan setelah melewati Alun-alun Temanggung, belok kiri setelah perempatan BCA, berjalan lima puluh meter, kiri jalan.

Bila dari arah Magelang bisa mengambil jalan melewati perempatan OBL, atau terminal lama belok kiri, masuk jalan KS.Tubun belok kiri, sebelah kanan jalan, ada banner kuning soto sapi dan soto ayam kampung Pak Banu berwarna biru di depan warungnya.

Lima tahun yang lalu, Heni (48) pemiliknya mengawali usaha ini, Pak Banu ikon warung sotonya ini, adalah suaminya yang berprofesi kontraktor.

“Saya dulu membuka masakan Jepang di daerah Jalan Sutoyo, kontrak di tempatnya Mas Joko, awalnya ramai, tapi makin lama penikmatnya kurang, karena mungkin lidah orang Jawa asing dengan masakan Jepang, akhirnya saya beralih membuka warung soto ini,” ungkapnya, seperti dimuat InfoPublik, Sabtu (14/5/2022).